Mars Rules

Standard

a balanceNasehat Ummi pada adik laki-laki saya yang sedang bertengkar dan hampir putus dengan pacarnya: “perempuan itu emang nyebelin, kamu mau nyari yang baru juga, pasti ngedapetinnya yang nyebelin lagi.” Hihihi, kok kayaknya hopeless banget ya 😀

Nah bukan itu aja, saya juga nih, walaupun ga pacaran dinasehatin hal yang sama,“udah cha, laki-laki itu emang semuanya nyebelin, kamu mau cari kemana-mana juga laki-laki tuh semuanya nyebelin, udah sabar aja lah.”

Duh Ummi, semuanya aja anaknya dinasehatin hal yang sama, jangan-jangan ntar semua anakanya tersugesti lagi kalo semua lawan jenis bakalan nyebelin, untung aja aku masih mau nikah, syalalala… 😀

Tapi emang bener sih, banyak yang bilang kayak gitu, bahkan nih, ada pribahasa amrik yang bilang,

woman,we can’t life with, we can’t life without

dan sebaliknya

man, we can’t life with, we can’t life without

Eh… pernah denger nggak tuh? Saya sih tau pribahasa itu dari serial jadul The Cosby Show, bisa di download di sini. Intinya sih itu tentang perbedaan mars dan venus aja. Jadi, kalau kamu perempuan, yang selalu ingin hidup damai bersama makhluk mars, dan yang ada di pikiran kamu  pernikahan itu cuma tentang hal-hal indah like a fairy tale, duh sadar deh ini bukan dunia Disney yang kamu tonton waktu kamu masih anak-anak. 😀

Sebaiknya bekali diri dengan sederetan Mars Rules, sejenis aturan hidup makhluk mars, intinya supaya kamu lebih siap menghadapi perbedaan, dan nggak Cuma ngeluh: “iihhhhh nyebelin banget sih tuh orang!”

Ini sih BUKAN pengalaman pribadi. Tapi, sebagai orang yang pernah belajar Psikologi (ehm), nih saya rangkumkan untuk kamu-kamu yang lagi bingung dengan si makhluk mars. OK Ladies, check it out!

#Makhluk Mars BUKAN Mentalist
Jadi dia tuh bukan mentalist, jangan harap deh dia bisa baca pikiran kamu. Jika kamu membutuhkan sesuatu, lebih baik katakan saja, jangan cuma nyindir atau ngasih clue yang kamu harap dia bisa mengerti. Apalagi nih, kalau kamu cuma diam dan manyun, jangan harap deh dia bisa ngerti apa yang ada di pikiran kamu.

#Minggu Waktu Istirahat
Setelah satu minggu kerja, minggu adalah waktu mereka berleha-leha, tidur-tiduran seharian, atau main dengan teman-temannya, jadi jangan heran ya, kalau hari minggu pun mereka tetap “sibuk”. Camkan ini, mereka pun butuh istirahat.

# Ya atau Tidak
Jangan berikan jawaban yang muter-muter, karena mereka sebenarnya cuma ingin jawaban simple, ya atau tidak. Nah, kamu-kamu yang suka kasih jawaban “tapi” di belakang kata “ya”, nah itu! Itu menyebalkan buat mereka. Misalnya dia bertanya, “jadi, bisa nggak kamu ke rumah saya minggu ini, keluarga saya ingin ketemu?.” Lalu kamu berikan jawaban, “bisa sih, tapi…,” nah itu jangan. OK! Cobalah untuk berikan straight answer.

#Solusi Yess, Curhat NO
Kalau mau mencari solusi, datanglah padanya (tapi jangan harap disertai empati), tapi kalau sekedar mau curhat, datanglah pada cewek-cewek di gang kamu. Ingat dia bukan keranjang sampah yang bisa ditumpahi segala macam keluhan, OK?

#Memori 7 Hari
Ada aturan yang perlu kamu pahami. ‘Dalam 7 hari semua kata-kata yang pernah diucapkan batal demi hukum’. Maka, hentikan deh upaya memaksa dia agar ingat secara detil, rayuan gombal yang pernah dia ucapkan. Dan jangan heran kalau kemarin dia bilang, “ngobrol sama kamu tuh sedative, seperti makan coklat”, lalu tiba-tiba keesokan harinya dia bilang, “ngobrol sama kamu tuh ngebikin gula darah turun, aku jadi laper.”

# Bertanyalah pada Cermin
Jangan tanyakan pertanyaan menjebak seperti, “aku gendutan nggak sih?” atau “jerawat aku gede gak sih?” please, ladies itu akan membingungkan mereka, karena mereka tau konsekuensi dari menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu. OK! Bercerminlah dan percayalah pada bayangan kamu di cermin.

#His Way
Jika kamu bertanya atau memintanya melakukan sesuatu, biarlah dia menyelesaikan dengan caranya sendiri, karena menurutnya, jika kamu bisa melakukannya dengan lebih baik, buat apa bertanya dan meminta bantuannya? Percayalah itu akan membuatnya sebal.

#Sepakbola Dulu
Udah deh, mendingan ngalah sama bola, mereka nggak akan mau diganggu untuk yang satu itu. Kalu dia bilang ingin nonton bola, jangan pernah mengganggunya dengan acara-acara lain. Ummi tau benar hal ini, jadi kalau Abi lagi nonton bola, maka aturannya adalah: “jangan ganggu Abi”.

#Telepon dan SMS Seperlunya
Nggak perlulah, menelepon atau SMS untuk hal-hal nggak penting, apalagi nih di jam kerja dia, please nggak usah deh! Tapi kalau tiba-tiba dia lagi bosan dengan pekerjaannya dan menelepon di saat kamu sebenarnya sedang sibuk, nah itu, lebih baik ladenin karena, karena yah, begitulah mereka memang egosentris!

#Jangan Bilang Tidak Punya Baju
Misal dia mengajakmu ke acara-acara tertentu, jangan bilang kamu tidak punya baju, karena menurut mereka baju kamu sudah banyak di lemari, tidak seperti mereka. Jadi jangan harap mereka mengerti istilah “tidak punya baju”.

#”Tidak Apa-Apa” = “Baik-Baik Saja”
Semua jawaban dari mulut kamu, akan menjadi pegangan dia untuk bersikap pada kamu, jadi katakan yang sejujurnya. It’s ok not to be OK!

#Stop Crying
Suara tangisan makhluk venus terdengar lebih dahsyat daripada suara petir ataupun ledakan bom di telinga Mars. Itu bakalan ngebikin mereka serba salah dan nggak tau harus berbuat apa, percaya deh, nggak setiap makhluk mars tau apa yang harus dilakukan ketika kita menangis.

#My Style is Mine
Jangan harap biasa merubah penampilan makhluk mars, apalagi buat kamu yang perfecksionist, sudah lupakan!

#Jangan Mengungkit Masalah
Let the past, be the past! mengungkit masalah yang sudah terjadi dan tidak bisa diperbaiki hanya kan membuat kondisi tambah runyam, lupakan!

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s