Sepotong Senja, Di Sudut Pagi

Standard

sun

I. Sepotong Senja

Ada dua bocah hiperaktif, bagai 2 elektron yang terus berputar di orbitnya masing masing. Kukira itu aku, salah satu dari bocah itu, bergerak di lintasan yang kukenal. Dan kurasa  yang satunya kamu, berputar di orbit takdirmu yang melengkung.

Entah apa sebabnya, di sepotong senja orbit kita bersinggungan. Lalu mengalunlah kisah-kisah pencarian jati diri, sepotong senja yang biasa, redup, riuh dan sibuk.

Lalu, jika kini kau ingin pergi menjauh dari orbitku. Maka, kurasa itu tak apa, karena aku hanya akan kehilangan sebuah pertemuan di sepotong senja, yang akan hilang ditelan sejarah.

namun, jika kau terus mengorbit di dekatku

mungkin aku akan menjadi seluruh senjamu

di mana kau selalu pulang melepas penatmu

yang menggunung karena mengarungi hari

II. Di Sudut Pagi

Ada dua orang dewasa yang berbincang di beranda. Di sudut  pagi yang biasa, cerah, rutin, dan bising. Lalu mengalirlah sebuah dialog, hanya obrolan lepas yang kikuk, rancu, dan tak berinti. Kukira itu aku yang terus meracau tanpa arah, dan kukira itu kamu yang terus bertanya retoris.

Lalu jika kini kau ingin beranjak dari berandaku, kupastikan itu tak masalah. Karena aku hanya akan kehilangan sebuah dialog di sudut pagi, yang akhirnya akan terhapus oleh terbitnya matahari baru.

namun, jika kau terus duduk manis di berandaku

mungkin aku akan menjadi seluruh dialog pagimu,

mungkin hanya sebuah dialog rutin yang mekanis

namun hangat dan mengisi relungmu yang kosong

III. Sepotong Senja, Di Sudut Pagi

Hanya aku sendiri, yang sedang berusaha meletakkan sepotong senja di sudut pagi, hanya supaya esok atau lusa aku bisa menikmati sisa hari, yang mungkin rutin, mekanis, dan biasa.

namun kurindu

mungkin kunanti

 

Leave a Reply

