PILIHLAH UNTUK BAHAGIA, SEKARANG!

Standard

Ada kalanya, walaupun kita sudah berikhtiar sempurna, sudah berpikir positif, sudah menggunakan LoA (Law of Attraction), dan sudah berdoa sepenuh hati, namun apa yang kita inginkan belum diizinkan untuk tercapai. Pada saat-saat  seperti itulah kita harus mempraktekkan sabar dan tawakal di kehidupan kita. Beberapa hari yang lalu saya bermimpi seseorang memberi saya nasihat tentang sabar dan tawakal. Sekarang saya mengerti mengapa Allah memberi saya mimpi seperti itu.

Terimakasih untuk Mbak Carolina (dosen pembimbing saya), karena dirinyalah saya tersadar apa arti mimpi saya. Untuk kesekian kalinya dia membatalkan janji bimbingan dengan saya. Awalnya dia janji bimbingan di kampus  Jatinangor, tiba-tiba dia sms perubahan tempat bimbingan jadi ke kampus magister psikologi di Dago, maka saya segera meluncur ke Dago. Setelah saya sampai di Dago, dan menunggu kurang lebih satu jam, Mbak Carolina sms saya lagi, kali ini perubahan hari bimbingan. Udah bulak-balik dan bimbingannya ga jadi.

Untungnya saya sedang shaum, dan sepanjang perjalanan pulang saya mengingat-ingat lagi mimpi saya, juga tak lupa mengingat-ingat dalil dan hadits Al-Quran tentang sabar dan tawakal. Hanya satu yang terpikir di kepala: oooh, jadi ini fungsinya mimpi saya itu. Kalau kejadian ini terjadi bukan di Bulan Ramadhan, pasti saya sudah menangis (ok, jujur sebenernya nangis juga sih pas shalat Dzuhur, sedikit tapi, biasalah wanita, hehe). Ternyata tantangan semakin bertambah di bulan ini.

Saya sangat takut dengan sesuatu yang membuat hati menjadi kesal, terutama di awal hari. Karena itu semua akan mempengaruhi mood secara keseluruhan. Saya akhirnya pergi ke Toko Buku Togamas untuk menghibur diri. Berada di dekat buku-buku biasanya akan membuat hati saya bahagia. Walaupun bimbingan gagal, hidup ini harus tetap bahagia dan positif!

Liat uang di dompet, mmmh, supaya bisa pulang dengan selamat sampai di Cimahi kembali, berarti saya hanya bisa membelanjakan uang 50rb. Sebenarnya banyak buku yang menarik, tapi dengan pertimbangan tertentu saya membeli buku ini:

Murni karena saya penggemar berat Paulo Coelho, bukan karena saya ingin bunuh diri seperti Veronika di novel ini loh! Membayangkan koleksi buku Paulo Coelho saya akan semakin lengkap ternyata membuat sepertiga kesedihan saya hilang. hoho

Karena ternyata uangnya masih sisa 20rb lagi, saya mencari-cari buku yang diobral, saya akhirnya membeli buku ini:

Ini supaya saya bertambah bahagia. Beruntung banget, buku setebal 425 halaman dan hard cover ini bisa saya miliki dengan harga hanya 15rb, Lucky! Bisa membeli buku bagus dengan harga murah, membuat dua per tiga kesedihan saya hilang.

Nah, begitu saya sampai di kasir, kasirnya bilang kalau buku Paulo Coelho saya mendapat tambahan diskon. Jadi, di bukunya itu tertera kalau harga buku dipotong diskon 15%, dan ternyata masih ditambah lagi diskon 5% (saya juga nggak tahu diskon dalam rangka apa, mungkin dia melihat muka saya yang sedih, jadi kasian kali yah). Kata-kata kasirnya itu, yang bilang kalau saya mendapat tambahan diskon 5%  langsung membuat kesedihan saya sirna, hoho, saya memang beruntung! Memang sih saya sadar itu Cuma teknik marketing, tapi sudahlah, hidup ini jangan terlalu menggunakan logika, nanti kebahagiaan akan berkurang.

Hikmahnya adalah: kalau anda mengalami kesedihan di awal hari, jangan biarkan sisa hari Anda menjadi sedih. Cari apa yang paling membahagiakan Anda. Yakin kalau Anda tetap bergerak dan positif, keberuntungan itu akan menghampiri Anda.

Siangnya, jam 2, janjian dengan teman saya si Rika, kita mau pergi ke tempat les bahasa Inggris. Sepanjang perjalanan Rika cerita kalau dalam seminggu ini dia jatuh dari motor dua kali! Hhhh, begitulah hidup Rika… terkadang memang getir, apalagi yang bisa kita lakukan selain sabar dan tawakal. Saya yang asalnya ingin curhat juga tentang kejadian menyebalkan dengan dosen saya, akhirnya urung. Ya sudahlah, cukup satu orang saja yang mengeluh hari ini. Saya akan menjadi pendengar yang baik saja.

Ketika malam menjelang dan mata hampir terlelap, saya merenungkan bagian-bagian terbaik dari hari ini:

  1. Koleksi buku Paulo Coelho saya bertambah
  2. Beli buku bagus dengan harga 15rb
  3. Saya berhasil mengkhatamkan Al-Quran untuk pertama kalinya di bulan ini. Ini karena  perjalanan yang panjang bolak-balik ke tempat bimbingan, akhirnya tilawah saya khatam juga di perjalanan.
  4. Beruntung diberi kesehatan yang sempurna, tidak kurang satu apapun, orang lain ada yang jatuh dari motor dua kali dalam seminggu ini, saya harus bersyukur!

Saya rasa saya memang beruntung hari ini! Beberapa detik kemudian saya pun tertidur dengan tersenyum. 🙂

Leave a Reply

