Jawaban Terindah

Standard

Mimpi di Bulan Ramadhan Memang Beda!

Seumur hidup saya tidak pernah bermimpi seperti ini, mimpi yang aneh dan gelap. Benar-benar hitam, tak bisa melihat apapun, hanya ada sebuah suara yang memberi petuah, sebuah petuah yang panjang . Tapi, ketika saya terbangun, saya tak bisa mengingat apapun, kecuali dua kata: Sabar dan Tawakal

Sebenarnya saya punya kebiasaan untuk mencatat mimpi-mimpi dalam tidur, yaaah sekedar untuk menganalisis alam bawah sadar. Anda juga bisa coba loh! Menganalisis mimpi itu sangat seru, sebaiknya sih baca dulu buku Interpretation of Dreams-nya Freud (salah satu topik psikologi klinis: mimpi dan alam bawah sadar). Biasanya seperti ini catatan mimpi saya:

No Tanggal Kondisi Sebelum tidur:Wudhu?/Baca doa/Affirmasi/Sudah Shalat?/Niat untuk sleeping mind?/baca kertas goal? Deskripsi Mimpi Perasaan setelah pertama kali bangun?
8 8/11/2011, 5:10 AM Wudhu, shalat, dan berdoa sebelum tidur Nggak inget mimpi apa, yang ada cuma kegelapan, tapi pas bangun dari tidur hanya ingat dua kata, terngiang-ngiang terus di telinga: sabar dan tawakal Mmmh, apa sih nih aneh banget, apa maksudnya? Penasaraaaaaan

Mimpi saya kali ini jelas tidak akan ada tafsirnya di buku si Freud. Karena sangat penasaran, saya mencari dengan serius di Al-Quran dan hadits tentang tema sabar dan tawakal

Subhanallah!

Saya jadi tahu, ternyata, sabar dan tawakal itu suatu konsep yang luas dan saling berkaitan. Dan jika dikaji lebih dalam lagi maka konsep sabar dan tawakal ini berhubungan juga dengan ridha, syukur, ikhlas, dan iman kepada qada dan qadar.

  • Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung (Al-Imron:200)
  • Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, sesungguhnya akan Kami tempatkan mereka pada tempat-tempat yang tinggi di dalam surga, yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pembalasan bagi orang-orang yang beramal, (yaitu) yang bersabar dan bertawakal kepada Tuhannya. (Al-Ankabut:58-59)
  • Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu (Ath-Thalaaq:3)
  • Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah Pelindung kami, dan hanyalah kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal (At-Taubah:51)
  • Dari Abul Abbas Abdulloh bin Abbas rodhiAllahu ‘anhuma beliau berkata: Suatu hari saya berada di belakang Nabi sholallahu ‘alaihi wa sallam Lalu beliau bersabda , “Nak, saya akan ajarkan kepadamu beberapa patah kata: Jagalah Allah, Niscaya Dia akan senantiasa menjagamu. Bila engkau meminta sesuatu, mintalah kepada Allah, dan bila engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah, jika semua umat manusia bersatu padu untuk memberikan suatu kebaikan kepadamu, niscaya mereka tidak dapat melaksanakannya kecuali dengan sesuatu yang telah ditulis oleh Allah bagimu, dan jika semua umat manusia bersatu padu untuk mencelakakanmu, niscaya mereka tidak dapat mencelakakanmu kecuali dengan sesuatu yang telah ditulis oleh Allah bagimu. Pena telah diangkat dan catatan-catatan telah mengering.” (HR Tirmidzi Dia berkata , “Hadits ini hasan shohih”)
  • Dalam riwayat selain Tirmidzi dengan redaksi: “Jagalah Allah, niscaya engkau akan senantiasa mendapati-Nya di hadapanmu. Kenalilah Allah di waktu lapang niscaya Dia akan mengenalimu saat kesulitan, ketahuilah bahwa apa yang ditetapkan luput darimu tidak akan pernah menimpamu dan apa yang telah ditetapkan menimpamu tidak akan pernah luput darimu. Ketahuilah bahwa kemenangan itu selalu mengiringi kesabaran, jalan keluar selalu mengiringi cobaan dan kemudahan itu selalu mengiringi kesusahan

Mimpi yang aneh dan gelap, setelah dirujuk ke bukunya Freud, mmh tidak ada artinya. tapi setelah dirujuk ke Al-Quran dan Hadits, Subhanallah! mimpi yang gelap jadi cerah! Walaupun tidak terlalu mengerti apa tafsir mimpi saya, yang penting saya jadi dapat sesuatu. Ternyata memang Allah SWT memerintahkan hambaNya untuk bersabar dan tawakal…

Rabb, aku akan bersabar dengan kesabaran yang baik, sesuai perintahMu. Maka akan kukuatkan kesabaranku di Bulan ini. Rabb, aku  yakin rizkiku dan segala hal yang menimpaku, Engkau yang akan menjaminnya, maka hanya kepadamulah aku bertawakal. Akan kubuktikan aku mampu bersabar dan bertawakal dengan sempurna, akan kusempurnakan ikhtiar dan  shaumku di bulan ini, akan kupenuhi target  amal-amalku di bulan ini, hanya untukMu.

Aku memilih untuk bertahan saja

About risyacempaka

I am a wisdom seeker, mencari ilmu dan hikmah dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. mendengar lebih banyak supaya mendapat ilmu lebih banyak. menangkap ilmu dengan tulisan, kemudian mengamalkannya. dan tak lupa menyampaikannya pada orang lain. karena agama adalah nasihat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s