ALERT!! Ada Google Alert!

Standard

Sebaiknya berhati-hati ketika curhat di Blog Anda, nanti Anda akan mengalami kejadian memalukan seperti saya.

Jadi gini ceritanya, saya kan nge-post tulisan hasil curhatan dari hati paling dalam (halaaaaah), rada heboh gitu deh curhatannya (#hahaha biasalah lagi labil) bisa dibaca di post yang sebelum ini. Di sana kan saya nyantumin nama-nama, termasuk di dalamnya nama si Kang Ervan. Saya sih tenang-tenang aja nge-post tulisan, dan berpikir  ahhh…  nggak akan ada yang baca ini kok (kalaupun ada yang baca, pasti yang baca bukan orang yang nama-namanya saya sebutkan di tulisan itu).

Tapi ternyata, saya SALAH BESAR!! Hiks hiks hiks  T.T Anda tau Google Alert (GA)? ini saya kutip dari wiki:

Google Alerts merupakan layanan pemberitahuan surel (email), yang akan mengirim pemberitahuan tentang halaman web dan berita terbaru sesuai pilihan mereka. Pemberitahuan tersebut dikirim lewat surel atau umpan web (web feed). Saat ini ada enam tipe layanan Alerts yaitu: News, Web, Blog, Comprehensive, Video dan Group. News Alerts adalah surel pemberitahuan kepada pengguna jika ada artikel baru yang masuk 10 besar hasil pencarian Google News yang mereka lakukan. Sementara itu, Web Alerts memberi tahu pengguna jika ada halaman web baru muncul dalam 20 besar hasil pencarian Google Web yang mereka lakukan. layanan ini beralamat di http://www.google.com/alerts.

Kebanyakan orang pada umumnya menggunakan layanan Google Alerts untuk:

  • Mencari tahu apa yang dikatakan tentang perusahaan atau produk mereka.
  • Memantau perkembangan berita terkini.
  • Tetap memantau perkembangan terbaru para pesaing atau industri.
  • Mendapatkan berita terbaru tentang selebriti atau tim olahraga.
  • Mencari tahu apa yang dikatakan tentang diri mereka sendiri.

Kang Ervan ini ternyata salah satu orang yang menggunakan layanan GA untuk mencari tahu mengenai dirinya sendiri. Singkatnya setelah saya nge-post tulisan saya itu, si Kang Ervan (yang ngajakin saya ngisi materi motivasi di SMA) nerima pemberitahuan melalui email, kalo nama dia ada di blog saya, browsing-lah dia ke blog saya, dan tentu saja akhirnya ketauan deh curhatan-curhatan saya itu.

Nah, pas hari H di SMA, saya dengan santai masuk ruang kepala sekolah,tempat kita pada nunggu sampai waktunya kita tampil. Saya masuk ruangan dengan wajah tanpa dosa. Terus pas ngobrol-ngobrol, si akangnya nyeletuk, “gimana Risya sudah semangat?”

Dalam hati: perasaan udah pake baju warna cerah, pasang wajah cerah, senyum manis, duduk tegak percaya diri, ceritanya tuh mau menampilkan diri kalau saya sangat bersemangat (heuheu).  Loh kok si akangnya kayaknya tau kalau di hati aku masih ada perasaan nervous mau tampil ya? Heran saya. Jangan-jangan si akangny abisa baca pikiran lagi (curiga deh jadinya).

“Hah, semangat kok kang,” kata saya rada kaget. Terus si akangnya nyeletuk,” ciyeee langsung curhat gitu di blog, saya baca, soalnya ada pemberitahuan dari GA di email saya.” Sambil dia cengar-cengir, ketawa-ketawa. Bikin saya ingin sembunyi di lubang aja deh, hu…hu…hu… T.T

Hiks, nasib… nasib, maksud hati mau katarsis (curhat) supaya perasaan lebih ringan, eeeh malah orangnya banget yang baca. Dalem hati jadi kepikiran, pasti ini teguran dari Allah karena saya suka ngeluh, padahal kan janjinya tuh bikin blog cuma buat nulisin kejadian-kejadian yang bikin senyum, bikin orang jadi semangat, dan merasa bahwa hidup itu memang indah, semuanya adalah anugrah dari Allah.

Untung aja, saya nggak nyantumin nama trainer (yang saya bilang) sombong di tulisan saya itu. Coba kalau di tulisan itu saya cantumin juga nama lengkapnya, terus ternyata dia punya  account GA juga, bisa berabe kan urusannya. Haaaah lega, masih aman Alhamdulillah.

Jadi intinya sodara-sodara

  1. jangan pernah nyantumin nama lengkap seseorang di blog Anda, tapi kalau isinya yang baik-baik sih sebenernya nggak apa-apa. Tapi kalau isinya judgment anda terhadap seseorang yang masih belum jelas kebenarannya sebaiknya gunakan nama palsu aja.
  2. Jangan banyak mengeluh di blog, nggak baik lah ngeluh itu, yang ada cuma ngurangin energi positif anda
  3. Jangan pernah merasa bahwa blog anda tidak ada yang membaca, jadi anda bebas menuliskan apa saja

Mari lebih bijak lagi dalam ngepost tulisan, walaupun blog itu masuk ke dalam  wilayah privacy anda, tetap saja akhirnya itu akan jadi milik publik juga.

About risyacempaka

I am a wisdom seeker, mencari ilmu dan hikmah dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. mendengar lebih banyak supaya mendapat ilmu lebih banyak. menangkap ilmu dengan tulisan, kemudian mengamalkannya. dan tak lupa menyampaikannya pada orang lain. karena agama adalah nasihat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s